Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Baju Koko, Kurta, Jubah Dan Kemeja

Apakah Anda adalah orang yang suka mengoleksi baju, khususnya pakaian muslim? Jika iya, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan jenis dan perbedaan baju koko, kurta, jubah dan kemeja. Ya, semua jenis pakaian tersebut sangat sering digunakan oleh para pria untuk pergi ke masjid atau saat perayaan hari besar islam. Namun, sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa busana muslim selalu identik dengan baju koko. Padahal, ada banyak jenis baju muslim yang dapat dijadikan pilihan. Tak hanya baju koko, ada baju kurta, kemeja dan juga baju yang disebut jubah.

Nah, masing-masing jenis baju di atas memiliki asal-usul, model, dan juga bentuk yang berbeda antara satu dan lainnya. Agar lebih jelas, maka simak ulasan dibawah ini:

Perbedaan Baju Koko, Kurta, Jubah Dan Kemeja

  • Baju Koko

Baju koko memang sangat identik dengan sebutan baju muslim Indonesia. Namun, jangan salah sangka dulu, sebab baju ini bukan merupakan baju yang berasal dari Indonesia. Asal mula baju ini adalah dari China, dimana banyak engkoh atau pria China yang memakai baju ini saat di Batavia. Disana, masyarakat Betawi kemudian mengadopsi baju ini menjadi baju Tikim. Perkembangan baju ini juga sangat pesat. Kita bisa menemukan baju ini hampir disetiap toko baju di kota kita. Bahkan, setiap acara keagamaan di sekolah, selalu dihimbau untuk memakai baju ini. Apalagi saat Idul Fitri, hampir semua muslim pria menggunakan baju ini untuk pakaian lebarannya.

Hingga saat ini, model baju koko telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Model-model terbaru pun juga banyak bermunculan. Ada baju koko kerah bulat, bentuk V, lengan pendek/panjang, hingga baju koko dengan motif tertentu. Banyaknya model inilah yang mungkin membuat banyak orang suka dengan baju yang satu ini.

Koko Kafin Myde
Koko Kafin Beige
  • Baju Kurta

Jenis yang kedua ini merupakan baju yang juga berasal bukan dari Indonesia. Baju jenis ini banyak dijumpai di Negara seperti Afghanistan, India, dan Pakistan. Baju kurta tergolong sebagai pakaian yang cukup longgar dan panjang bagian bawahnya bisa mencapai lutut. Di India, baju ini biasa dipakai oleh pria dan wanita dengan paduan bawahan yaitu paijama, churidar, atau dhotis. Namun, seiring berkembangnya zaman, kurta juga sering dipadukan dengan celana jins.

Anda bisa memakai baju ini pada acara keagamaan seperti Idul Fitri ataupun untuk solat. Untuk mendapatkannya juga tidak susah, Anda bisa berkunjung ke toko busana muslim di kota Anda. disana Anda akan menemukan berbagai macam kurta, mulai dari model yang beragam hingga ukuran yang bervariasi.

Kurta Yasa Honey
  • Jubah

Jubah atau gamis adalah salah satu jenis pakaian kurung yang banyak digunakan di Arab dan negara-negara Islam lainnya. Di Arab, baju ini sering disebut dengan Tsaub, disydasya, dan juga khomis. Bentuk dari baju ini sebenarnya jika dilihat secara seksama mirip seperti daster yang biasa dipakai kaum hawa. Namun gamis biasanya menggunakan model lengan panjang. Gamis sangat pas apabila dipadukan dengan sarung ataupun celana pantalon pada bagian dalamnya. Baju ini juga memiliki filosofi yang dalam.

Menggunakan jubah artinya seseorang harus menjaga diri dari kehinaan, dengan cara menutup aurat secara lahiriyah dan bathiniah. Atau ketika seorang memutuskan berjubah, maka ia tidak boleh lagi sombong, iri, dendam, serta suka adu domba. Selain itu juga tidak boleh serakah, buas, agresif dan tak tahu diri.

Baca Juga: Asal Usul Baju Kurta Yang Perlu Anda Tahu

  • Kemeja

Nah, pakaian jenis terakhir ini adalah pakaian yang paling banyak digunakan oleh pria muslim Indonesia. Ya, kemeja merupakan pakaian yang berfungsi menutupi tubuh bagian atas. Biasanya kemeja menggunakan lengan pendek dan juga satu saku di bagian depan, namun model-model baru telah muncul dengan lebih beragam. Anda juga bisa menemukan kemeja dengan lengan panjang jika Anda menyukai jenis berlengan panjang. Gaya dalam kemeja ini juga dapat menunjukan kepribadian yang khas dari seseorang. Ada kemeja dengan gaya casual, dan juga formal. Jadi, dari semua pakaian di atas, kemeja inilah yang paling pas dipakai, sebab cocok untuk bekerja dan juga sesuai untuk acara keagamaan. Nah, itulah sekilas ulasan tentang perbedaan baju koko, kurta, jubah dan kemeja. Jika Anda tahu perbedaan lain dari baju di atas, jangan sungkan untuk berbagi ya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *